Line News

---Ribuan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendatangi Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (31/12).---Tanpa memperdulikan kecaman masyarakat internasional, Israel terus memborbardir Gaza, Rabu (31/12).---Kebakaran terjadi sekitar pukul 10 malam, saat warga sedang menyambut malam pergantian tahun. Penyebab kebakaran diduga berasal dari hubungan arus pendek. Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal pergi penghuninya untuk merayakan tahun baru di Bandung.---Empat warga Kampung Kawung Luwak, Desa Sirnaraja, Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat, tewas setelah tertimbun lereng tebing yang longsor, Rabu (31/12). Sedangkan lima lainnya selamat. Longsor terjadi saat para korban sedang memperbaiki saluran irigasi untuk mengairi sawah mereka.---Pembukaan awal tahun kali ini diwarnai aksi tawuran antar kelompok remaja. Malam perayaan tahun baru di sekitar Tugu Kujang mendadak mencekam ketika dua kolompok remaja terlibat saling lempar. Tawuran terjadi di tengah-tengah kerumunan massa yang tengah asik melihat kembang api.---Sebuah tower milik SMKN 7, Kelurahan Sungai Pinang Luar, Jalan Aminah Syukur Samarinda, roboh dan menimpah sebuah rumah. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Pemkot Padangpanjang Tolak Perayaan Tahun Baru

Padang panjang: Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatra Barat, melarang kegiatan-kegiatan pergantian tahun baru Masehi pada malam 31 Desember nanti. Menurut Wali Kota Padangpanjang, Syuir Syam, larangan diberlakukan karena pergantian tahun kerap diwarnai kegiatan yang tidak sesuai dengan budaya dan adat istiadat setempat.

Sebagai ganti kemeriahan menyambut Tahun Baru 2009, Pemkot Padangpanjang untuk pertama kalinya merayakan tahun baru Islam 1 Muharam secara besar-besaran, Senin (29/12). Kesenian tradisional hingga lomba karaoke lagu Islami digelar dalam hajatan ini.

Larangan bertahun baru di Padangpanjang bisa jadi mengadopsi kebijakan tetangga mereka di Kota Padang. Ibu kota Sumbar ini sudah memberlakukan larangan bertahun baru sejak tahun lalu, meski warganya rata-rata tak setuju. Kendati demikian, agaknya kebijakan Pemkot Padang dan Padangpanjang sudah bulat dan akan berlangsung dari tahun ke tahun.

Sementara itu, datangnya tahun baru Islam yang oleh masyarakat Jawa dikenal dengan sebutan malam satu suro, diperingati dengan berbagai cara. Di Pondok Pesantren Jagasatru, Cirebon, Jawa Barat, sejumlah santri menggelar permainan bola api, yang sudah menjadi tradisi sejak lama.

Di Yogyakarta, peringatan 1 Muharram 1430 Hijriyah dipusatkan di alun-alun. Sebanyak 11 kerbau bule juga dihadirkan. Satu di antaranya akan disembelih dan dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat. Saat acara selesai, masyarakat langsung berebut gunungan atau tumpukan makanan yang dipakai sebagai sesaji.

Di Temanggung, Jawa Tengah, ribuan warga juga berdesak-desakan ingin mendapatkan berkah malam satu suro. Menurut kepercayaan masyarakat setempat yang tidak ada hubungannya dengan keyakinan Islam, jika mereka mendapatkan sesaji, apa yang diinginkan akan tercapai.

Sedangkan di Madiun, Jawa Timur, makna tahun baru Islam tercoreng oleh ulah anggota sebuah perguruan pencak silat. Konvoi mereka dibubarkan polisi karena bisa memancing keributan. Dari pemeriksaan, polisi menemukan sejumlah senjata tajam.

@Copyright 2008/2079: ( XcyberG.tk )